Langkah Restorasi Justice Berhasil Selamatkan Rumah Tangga Pasangan Suami Istri Ini

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:00 WIB
Kepala Kejaksaan Negeri TTU, Roberth Jimmy Lambila tengah bersalaman dengan suami-istri, Yosep Elu dan Maria Magdalena Keno, usai proses keadilan restorasi justice, Rabu, (5/10/2022). (Gusty Amsikan/VN)
Kepala Kejaksaan Negeri TTU, Roberth Jimmy Lambila tengah bersalaman dengan suami-istri, Yosep Elu dan Maria Magdalena Keno, usai proses keadilan restorasi justice, Rabu, (5/10/2022). (Gusty Amsikan/VN)

VICTORY NEWS TTU - Kejaksaan Negeri Timor Tengah Utara (Kejari TTU) bersama Polres Timor Tengah Utara kembali menerapkan restorasi justice dalam proses hukum kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Kasus KDRT yang dilakukan oleh Yosep Elu, warga Desa Nonotbatan, Kecamatan Biboki Anleu, terhadap istrinya, Maria Magdalena Keno itu, telah berproses hingga tahap penyidikan.

Baca Juga: Kepercayaan Publik Terhadap TNI Makin Tinggi, Jenderal Andika Minta Prajurit Tetap Jaga Lisan dan Tindakan

Namun, karena pertimbangan azas kemanfaatan dan keadilan hukum, maka pihak Kejari TTU dan Polres TTU menempuh langkah restorasi justice.

"Ini merupakan implementasi dari kebijakan Jaksa Agung terkait dengan penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restorasi justice yang diatur dalam Peraturan Kejaksaan Agung Republik Indonesia nomor 15 tahun 2020. Kita lebih mengedepankan aspek kemanfaatan dan keadilan,"ungkap Kepala Kejaksaan Negeri TTU, Roberth Jimmy Lambila, Rabu, (5/10/2022).

Baca Juga: Belasan Rumah Warga Mengalami Kerusakan Akibat Banjir dan Angin Puting Beliung

Menurut Lambila, jika mengacu pada aspek kepastian hukum, maka kasus tersebut seharusnya dibawa ke Pengadilan. Namun hal tersebut tidak bermanfaat lantaran kedua belah pihak telah berdamai secara adat.

Jika dipaksakan, proses hukum kasus tersebut justru akan merusak rumah tangga dan keluarga, serta menyusahkan anak-anak pelaku dan korban.

Baca Juga: Rilis BMKG Terbaru, Hujan Angin Disertai Petir Akan Melanda Sejumlah Wilayah di NTT

Halaman:

Editor: Gusty Amsikan

Tags

Terkini

Realisasi Program Terasa Masih Jauh Dari Target

Rabu, 30 November 2022 | 18:25 WIB

Seorang Siswa SMA di TTU Ditemukan Gantung Diri

Rabu, 16 November 2022 | 16:21 WIB

Tunggakan Upah Pekerja, KMPS Minta Tambahan Waktu

Selasa, 15 November 2022 | 16:39 WIB
X