Tak Hanya Cacat Moral, Penjabat Kades Oenain Diduga Korupsi Dana Desa

- Senin, 9 Mei 2022 | 13:42 WIB
Warga Desa Oenain, Kecamatan Insana Fafinesu, saat mendatangi kantor Bupati Timor Tengah Utara. (VN/Gusty Amsikan )
Warga Desa Oenain, Kecamatan Insana Fafinesu, saat mendatangi kantor Bupati Timor Tengah Utara. (VN/Gusty Amsikan )

VICTORY NEWS TTU - Tak hanya cacat moral, Penjabat Kepala Desa Oenain, Kecamatan Insana Fafinesu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Edmundus Lalus juga disebut melakukan penyelewengan dalam penggunaan anggaran desa tahun 2021.

Hal tersebut terbukti dengan kedatangan perwakilan masyarakat Desa Oenain ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan meminta pihak Dinas PMD menurunkan Inspektorat untuk memeriksa penggunaan anggaran di Desa Oenain tahun 2021.

Baca Juga: Sejak Tertangkap Tangan Berselingkuh, Penjabat Kades Oenain Tinggalkan Tugas

Perwakilan Masyarakat Desa Oenain, Laurensius Leu, kepada media ini, mengatakan anggaran Desa Oenain tahun 2021 telah dicairkan, namun penggunaannya tidak jelas dan tidak sampai ke tangan masyarakat.

Terdapat sejumlah pos pemanfaatan anggaran yang diduga diselewengkan oleh sang penjabat kepala desa. Pos-pos tersebut di antaranya pengadaan air bersih untuk masyarakat sebanyak 19 tangki dengan biaya per tangki Rp 550.000.

Baca Juga: Polda NTT Ambil Alih Kasus Penimbunan BBM Subsidi Oleh PT.SKM

Anggaran untuk pengadaan air bersih tersebut sudah dicairkan pada tahap pertama, akan tetapi tidak dibagikan ke masyarakat. Selain itu, dana ADD sebesar Rp 23.000.000 pun diduga ditilep oleh sang penjabat kepala desa.

"Dana itu digelontorkan untuk membiayai pelaksanaan Pilkades. Namun karena proses Pilkades tidak dilaksanakan, maka dana tersebut seharusnya dikembalikan ke kas negara. Sayangnya, hingga saat ini dana tersebut tidak kunjung dikembalikan,"ungkap Laurensius Leu, Senin (9/5/2022).

Baca Juga: Polisi Amankan Ribuan Liter BBM Subsidi, Diduga Ditimbun PT SKM

Halaman:

Editor: Gusty Amsikan

Tags

Terkini

Pembangunan SDK Oenali Masuk Anggaran 2023

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:52 WIB
X