Polemik Gagalnya Pengadaan Solar Cell, Kadis Kesehatan Sarankan Tanya Langsung ke PPK

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 09:19 WIB
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, Robert Tjeunfin. (Gusty Amsikan/VN)
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, Robert Tjeunfin. (Gusty Amsikan/VN)

VICTORY NEWS TTU - Pelaksana tugas (Plt), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Utara, Robert Tjeunfin, menyebut total anggaran untuk pengadaan solar cell, yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022 bukanlah 12 miliar rupiah seperti yang diberitakan, melainkan 6,3 miliar rupiah lebih.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari pengadaan 7 unit solar cell untuk 7 Puskesmas di wilayah Kabupaten TTU dengan pagu anggaran masing-masing sebesar Rp 900.000.000 per unit solar cell.

"Sebenarnya pagu dananya 6,3 miliar, bukan 12 miliar seperti yang diberitakan. Ada 7 Puskesmas, masing-masing Puskesmas mendapat satu unit solar cell seharga 900 juta," ungkap Robert Tjeunfin, Senin, (15/8/2022).

Menurut Robert, proses pengadaan solar cell merupakan kewenangan pejabat pembuat komitmen (PPK). Dirinya selaku kuasa pengguna anggaran (KPA) hanya mengetahui prosesnya sejak awal.

PPK berhak menetapkan atau membatalkan rekanan. Seluruh proses verifikasi terhadap rekanan dilakukan oleh PPK dan hasilnya dilaporkan kepada KPA.

Terkait alasan pembatalan terhadap rekanan yang memenangkan tender, Robert menjelaskan hal tersebut terjadi karena persoalan teknis.

Perusahaan tersebut tidak memiliki Sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) seperti yang diinstruksikan dalam Instruksi Presiden (Inpres) nomor 2 tahun 2022 tentang kandungan produk dalam negeri.

"Dalam perjalanan, setelah konsultasi tiga kali, memang tidak bisa. Kita berhentikan karena tidak punya nilai TKDN,"jelasnya.

Ia menambahkan, terkait mengapa proses tender tidak dilanjutkan terhadap perusahaan-perusahaan yang memenuhi syarat, hal tersebut merupakan kewenangan PPK.

Halaman:

Editor: Gusty Amsikan

Tags

Terkini

Plt BKDPSDM Arkadius Atitus Diperiksa Jaksa

Jumat, 16 September 2022 | 13:47 WIB
X