Dukcapil TTU Pastikan Dokumen Kependudukan Gabriel Fehan Telah Diaktifkan

- Jumat, 18 Februari 2022 | 14:03 WIB
Suasana pelayanan dokumen kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Utara. (VN/Gusty Amsikan )
Suasana pelayanan dokumen kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Utara. (VN/Gusty Amsikan )

VICTORY NEWS TTU - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), memastikan telah menghapus dokumen akta kematian Gabriel Fehan, dari server.

Tak hanya itu, Dinas Dukcapil Kabupaten TTU juga telah mengaktifkan kembali segala dokumen kependudukan Gabriel, termasuk kartu keluarganya, sejak dilakukan klarifikasi terhadap Pemerintah Desa Motadik.

Baca Juga: Begini Klarifikasi Dukcapil TTU Terkait Penerbitan Akta Kematian Gabriel Fehan

Gabriel Fehan merupakan warga RT 012 RW 005, Desa Motadik, Kecamatan Biboki Anleu. Sebelumnya mantan istri Gabriel, Maria Manda Berek, mengajukan penerbitan akta kematian atas nama Gabriel, sehingga data kependudukannya dicabut oleh pihak Dinas Dukcapil Kabupaten TTU.

"Kartu keluarga Gabriel Fehan sudah diaktifkan kembali sejak ada komplain dari Gabriel. Akta kematiannya juga sudah dihapus dari server," ungkap Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten TTU, Richardus Erwin Taolin, kepada Victorynews.id Jumat (18/2/2022).

Mantan Kabag Humas Setda TTU itu, mengimbau kepada seluruh masyarakat agar bijak dalam mengurus dokumen kependudukan.

Baca Juga: Bercerai, Wanita Ini Diam-Diam Terbitkan Akta Kematian Mantan Suami yang Masih Hidup

Menurut Erwin, pemalsuan dokumen kependudukan hanya akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Pasalnya, setiap tanda tangan yang dibubuhkan dapat berkonsekuensi pada pertanggungjawaban hukum kelak.

Ia berharap Pemerintah dari setiap tingkatan, baik RT, RW, kepala desa dan camat, agar lebih teliti dan memastikan setiap penerbitan dokumen agar tidak berkonsekuensi hukum di kemudian hari.

Halaman:

Editor: Gusty Amsikan

Tags

Terkini

X