Tim Ilmuwan Internasional Rilis Hasil Penelitian, Kematian Manusia Dapat Diprediksi

- Sabtu, 29 Januari 2022 | 15:47 WIB
Ilustrasi mata manusia/Indotren.com
Ilustrasi mata manusia/Indotren.com

VICTORY NEWS TTU - Tim ilmuwan internasional menemukan mata manusia memegang kunci untuk memprediksi kematian yang akan segera terjadi.

Studi ilmiah tersebut menemukan satu "indikator andal" baru dari masalah kesehatan seseorang, yang dapat menyebabkan kematian dini.

Menurut laporan RT, Jumat 21 Januari 2022 lalu, para peneliti telah mengaitkan peningkatan risiko kematian dengan kondisi retina seseorang.

Baca Juga: Terobosan Baru Mini Klasik Jadi Mobil Listrik

Penelitian itu dilakukan dengan menggunakan teknik kecerdasan buatan (AI), para peneliti mempelajari mata hampir 47.000 orang dan menyimpulkan bahwa keadaan retina kita mungkin menandakan peningkatan risiko kematian.

Penelitian yang diterbitkan minggu ini di British Journal of Ophthalmology, didasarkan pada penentuan perbedaan antara usia biologis "nyata" seseorang dan usia kronologis seseorang. Hal ini dapat diukur dengan memeriksa kondisi retina, jaringan saraf di bagian belakang mata yang memiliki sel-sel sensitif terhadap cahaya.

Studi observasional, yang hanya mengedepankan kesimpulan tertentu tanpa menetapkan penyebabnya, melibatkan data dari studi jangka panjang UK Biobank.

Lebih dari 80.000 gambar retina yang diambil dari 46.969 orang dewasa berusia antara 40 dan 69 tahun dianalisis melalui algoritma komputer selama periode pemantauan rata-rata 11 tahun. Proporsi dari apa yang disebut "penuaan cepat", atau orang-orang yang retinanya tampak lebih tua dari usia sebenarnya, dihitung.

Baca Juga: Polres Gencar Vaksinasi di TTU

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Terkini

X